NaZaNGp9NWp4MGNbNWJ8NWRaNncsynIkynwbzD1c

3 Indikator Penting Dalam Memiih Program Belajar Bahasa Inggris

Panduan memilih program belajar di Kampung Inggris dengan tepat mengunakan 3 in…

BLANTERLANDINGv101
3031940995320450232

3 Indikator Penting Dalam Memiih Program Belajar Bahasa Inggris

Jumat, 06 Agustus 2021

Banyak orang yang kebingungan saat diharuskan memilih program bahasa Inggris di Kampung Inggris yang tepat. Hal ini tentunya wajib dipertimbangkan sebelum Anda mengambil kursus bahasa Inggris di Pare. Ada beberapa indikator yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih program belajar, supaya Anda bisa menjalani proses belajar menjadi lebih optimal dan efektif. Dengan begitu Anda tidak merasa sia-sia ketika mengambil program pilihan tersebut.

Panduan Memilih Program di Kampung Inggris


Tentukan Tujuan Anda Kursus Bahasa Inggris

Tujuan seseorang mengambil kursus bahasa Inggris, salah satunya yaitu untuk mempersiapkan diri mengikuti tes TOEFL atau IELTS, melancarkan speaking, tes wawancara dan dapat membaca berbagai buku kuliah dengan mayoritas bahasa inggris. Selain itu, tujuan lainnya yaitu untuk meningkatkan kepercayaan diri serta ingin menguasai materi conversation untuk berkomunikasi sehari-hari.

Bila tujuan Anda untuk memperoleh nilai score test TOEFL atau IELTS yang tinggi, maka program TOEFL Hack atau IELTS Hack dan program grammar merupakan program paling tepat untuk Anda. Dalam hal ini, kemampuan grammar bahasa Inggris Anda akan selalu dilatih dan Anda pun akan memperoleh jam terbang yang tinggi untuk dapat mengerjakan berbagai soal ujian TOEFL dan IELTS. Namun berbeda bila tujuan Anda untuk dapat melancarkan speaking.

Jika Anda memang ingin melancarkan speaking, program belajar bahasa Inggris yang harus diampil yaitu vocabulary dan speaking atau conversation.  Akan tetapi bila kemampuan speaking bahasa Inggris yang diperlukan sifatnya formal – semi formal, diantaranya untuk persentasi bisnis, persentasi kuliah, dan wawancara, maka Anda harus menambahkan program pronunciation dan grammar aplikatif. Sebab di area lingkungan formal, Anda tak hanya mampu berbicara bahasa Inggris dengan lancar, tetapi juga dituntut dalam hal struktur kalimat dan pengucapan bahasa Inggris dengan benar.

Berbeda lagi jika Anda ingin mampu membaca bahasa Inggris dengan lancar, maka program belajar bahasa Inggris yang tepat yaitu program reading. Tentunya akan semakin mantap jika dibarengi dengan mengambil program vocabulary. Hal yang paling penting dalam reading ini yaitu penguasaan vocabulary dengan jumlah yang banyak. Bila bacaan Anda tergolong tinggi, dengan begitu program translate merupakan program yang cocok untuk diambil. Tetapi umumnya program translate yang satu ini, Anda pun sudah harus mampu menguasai reading dan grammar.

Pertimbangkan Kemampuan Basic Bahasa Inggris

Dasar atau basic kemampuan Anda juga sangat menentukan program kursus bahasa Inggris yang tepat untuk diambil. Sangat dianjurkan untuk Anda yang masih belum mempunyai dasar bahasa Inggris, yakni dengan mengambil program kursus vocabulary dan speaking. Bila Anda merasa sudah mempunyai basic, dengan begitu Anda dapat mengambil program belajar bahasa Inggris yang sesuai tujuan Anda sebelumnya. Seperti misalnya pronunciation, speaking intermediate, grammar & TOEFL preparation, public speaking, translate dan sebagainya.

Banyak orang yang langsung datang ke Kampung Inggris untuk mengambil kelas intermediate misalnya, dengan begitu Anda tak akan mengulang atau bosan mengenai apa yang telah dipahami. Selain itu, jika Anda sudah memiliki kemampuan dasar dan memerlukan tingkat kelancaran berbahasa inggris, dengan begitu Anda dapat mengambil program pendukunya saja. Namun bila Anda masih belum memiliki dasar, ada baiknya untuk pengenalan bahasa inggris terlebih dulu, seperti mengambil program speaking terlebih dulu. Hal ini bisa dijadikan pertimbangan saat Anda hendak memilih program kursus bahasa Inggris yang tepat.

Perhitungkan Waktu Yang Anda Miliki

Hal yang juga perlu dipertimbangkan adalah waktu. Bila Anda memiliki waktu panjang dengan 6 bulan hingga 1 tahun, dianjurkan untuk mengambil kelas atau program terintegrasi dalam waktu 6 bulan, atau program pelatihan menjadi guru bahasa Inggris dengan masa belajar 1 tahun. Sementara bila waktu yang dimiliki hanya 1 bulan, ada banyak pilihan kelas atau program yang dapat diambil. Anda dapat memilih speaking, TOEFL preparation ataupun grammar. Sementara untuk Anda yang memiliki waktu sangat sedikit maksimal 14 hari atau 2 minggu, lebih efektif bila Anda mengambil pilihan program speaking, vocabulary, dan pronunciation. Sebab dalam waktu singkat ini, program yang bersifat tak continuous seperti halnya speaking, vocabulary, dan pronunciation lebih mudah untuk dibentuk daripada mengambil program grammar.

Khusus buat Anda yang masih pemula dan ingin belajar dari nol tentu akan tetap kesulitan atau binggung dalam menentukan program yang tepat, karena 3 indikator penting dalam memilih program belajar bahasa Inggris diatas lebih cocok untuk orang-orang yang sudah mengenal belajar bahasa Inggris sebelumnya. 

Berikut rekomendasi pilihan program belajar bahasa Inggris untuk pemula:

  • Untuk durasi belajar 2 minggu s.d 5 bulan: Paket Intensive
  • Untuk durasi belajar 6 bulan (belajar dari nol sampai mahir): Master Class
  • Untuk durasi belajar 1 tahun (belajar dari nol sampai bisa ngajar): Master Teaching

Dengan mempertimbangkan poin-poin di atas, Anda tentu bisa memilih program belajar bahasa Inggris yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bahasa Inggris Anda. Dengan begitu, waktu yang sudah Anda gunakan untuk mempelajari bahasa Inggris, lebih efektif dan tidak sia-sia.

 


BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang