NaZaNGp9NWp4MGNbNWJ8NWRaNncsynIkynwbzD1c

Gaya Belajar Terbaik untuk Pelajar dan Mahasiswa

Setiap orang memiliki gaya belajar masing-masing, lantas gaya belajar apakah ya…

BLANTERLANDINGv101
3031940995320450232

Gaya Belajar Terbaik untuk Pelajar dan Mahasiswa

Selasa, 28 Desember 2021
Tahukah kamu apa itu gaya belajar? Dan seperti apakah gaya belajar terbaik untuk dirimu sebagai pelajar? Yuk simak artikel berikut.

Gaya belajar atau modalitas belajar merupakan variasi atau macam-macam cara yang dimiliki seseorang untuk mengasimilasi serta mengakumulasi informasi. Secara singkat, gaya belajar merupakan metode terbaik yang digunakan setiap individu untuk dengan mudah menyerap informasi.

Setiap pelajar memiliki gaya belajar terbaik versi masing-masing dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh gurunya.

Sebagian orang merasa belajar berkelompok adalah cara yang paling baik, sementara yang lain lebih memilih belajar sendiri karena lebih tenang dan efektif, atau bahkan ada juga yang selalu memerlukan figure otoriter untuk membantu proses belajarnya.

Kemudian ada siswa yang memerlukan lingkungan atau tempat sepi untuk dapat belajar dengan efektif, ada juga yang bisa belajar dalam keadaan apapun, termasuk dalam keadaan yang sangat bising.

Kamu perlu tahu mana gaya belajar terbaik yang cocok untukmu, karena dengan mengetahui gaya belajar yang tepat akan meningkatkan motivasi belajar karena kamu merasa enjoy saat menjalani aktifitas belajar.

Nah, sebetulnya apa saja sih gaya belajar yang biasa dimiliki oleh pelajar? Dan seperti apa ciri-cirinya? Berikut akan dibahas macam-macam gaya belajar beserta ciri-cirinya.

Modalitas Belajar

Daftar Gaya Belajar Terbaik untuk Pelajar dan mahasiswa

Sebelum membahas gaya belajar terbaik untuk pelajar dan mahasiswa, alangkah baiknya kita tahu terlebih dahulu apa sih kaitannya gaya belajar dengan proses belajar pada seorang anak.

Untuk memperoleh suatu ilmu pengetahuan yang luas, seorang pelajar tentu perlu belajar bukan? Pada proses belajar ini, dilakukan interaksi antara indera manusia dengan sumber ilmu pengetahuan tersebut.

Proses belajar ini berjalan dengan cara yang berbeda-beda pada setiap orangnya. Perbedaan proses belajar ini mengacu pada gaya belajar seseorang. Sebagai contoh, seorang anak dapat dengan mudah memahami sesuatu yang dia lihat, sedangkan anak yang lain memiliki kemampuan belajar uang bagus apabila mendengar suara dari suatu objek.

Nah, penasaran gak sih sama macam-macam gaya belajar yang akan kita bahas? Oke tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung saja kita bahas.

Gaya Belajar Visual

Oke, yang pertama ialah gaya belajar visual. Gaya belajar visual adalah kemampuan belajar seseorang dengan melihat. Orang-orang yang menggunakan gaya belajar visual adalah mereka yang mempunyai indera penglihatan tajam dan teliti.

Ciri-ciri dari gaya belajar visual yaitu:

  • Cepat tangkap apabila melihat sesuatu.
  • Tidak mudah terganggu dengan kebisingan.
  • Mampu memahami pelajaran dengan melihat dan mengamati guru.
  • Mampu menggambar dan mencatat sesuatu dengan rinci.
  • Hobi membaca.
  • Ingatan tentang warna, bentuk, dan pemahaman artistik kuat

Selain ciri diatas, gaya belajar visual juga dapat dilihat dari gaya berpenampilan pada seseorang. Orang yang memiliki gaya belajar visual penampilannya cenderung rapi dan indah. Metode pembelajaran yang cocok untuk gaya belajar ini ialah ilustrasi, mind mapping, atau pembelajaran yang menggunakan bentuk lainnya.

Gaya Belajar Visual
Gaya Belajar Visual

Gaya Belajar Kinestetik

Gaya belajar terbaik selanjutnya adalah gaya belajar kinestik. Gaya belajar yang satu ini selalu melibatkan gaya gerak. Orang-orang yang memiliki gaya belajar kinestetik yaitu mereka yang menyukai gerak. Contoh hal yang berkaitan dengan gaya belajar ini adalah olahraga, tari, praktik laboratorium, bermain alat musik, dan sebagainya.

Adapun ciri-ciri dari gaya belajar kinestetik adalah sebagai berikut:

  • Memiliki kemampuan menghafal dengan cara membuat gerakan-gerakan tertentu.
  • Lebih menyukai pembelajaran praktik.
  • Anaknya aktif.
  • Memiliki perkembangan otak yang baik.
  • Menyukai permainan sebagai sarana belajar.

Anak yang memiliki gaya belajar kinestetik cenderung aktif dan tidak bisa diam. Ia akan mudah bosan apabila belajar dengan hanya duduk dan mendengarkan. Metode yang cocok untuk gaya belajar ini adalah bermain peran, menari, drama, dan lain sebagainya.

Ini juga termasuk gaya belajar terbaik di sekolah, terlebih pada berbagai kegiatan organisasi karena siswa dengan gaya ini cenderung aktif.

Gaya Belajar Kinestetik

Gaya Belajar Auditori

Selanjutnya yaitu gaya belajar auditori. Gaya belajar yang satu ini memiliki kecenderungan dalam menyerap informasi melalui indera pendengaran.

Gaya belajar yang satu ini termasuk gaya belajar terbaik untuk pelajar dan mahasiswa. Mengapa? Karena kebanyakan metode pembelajaran di sekolah adalah mendengarkan apa yang dijelaskan oleh guru. Dengan auditori, anak bisa lebih cepat menangkap apa yang disampaikan guru.

Tetapi, anak yang memiliki gaya belajar auditori akan kesulitan menyerap informasi apabila berada pada keadaan yang bising, sehingga ia memerlukan suasana yang tenang dan kondusif untuk dapat belajar dengan efektif.

Nah, ciri-ciri lain dari gaya belajar auditori yaitu sebagai berikut:

  • Menyukai kegiatan seminar atau ceramah. 
  • Kurang menyukai seni patung atau lukis.
  • Cenderung menyukai musik.
  • Sering atau suka berbicara sendiri.
  • Menyukai diskusi.
  • Suka menjelaskan sesuatu secara detail.
Orang dengan gaya belajar auditori biasanya malas membuat catatan karena dia lebih mudah mengingat sesuatu yang didengar daripada dilihat.

Gaya Belajar Auditori

Bagaiamana, sudah meneukan salah satu dari ketiga gaya belajar diatas?, atau kamu belum yakin?, memang pada umumnya setiap orang memiliki satu modalitas atau gaya belajar yang mendominasi, sehingga bisa dijadikan sebagai gaya belajar terbaik, namun ada beberapa orang yang memiiki lebih dari satu modalitas belajar, gabungan modalitas belajar yang dimiliki menjadikan orang tersebut memiliki kecenderungan dan karakteristik belajar yang berbeda, untungnya para ahli telah memetakan dengan 2 kategori gaya belajar baru diluar gaya belajar auditori, visual, dan kinestetik, yaitu gaya belajar analitik dan global.

Gaya Belajar Analitik

Selain cenderung pada apa yang dilihat dan didengar, ada juga gaya belajar dimana orang tersebut lebih suka menelaah. Ya, namanya gaya belajar analitik. Pelajar yang memiliki gaya belajar analitik cenderung memiliki kemampuan dalam memandang sesuatu yang harus ditelaah terlebih dahulu.

Ciri-ciri lainnya pada gaya belajar analitik yaitu:

  • Cenderung menggunakan logika untuk berpikir.
  • Memiliki metode belajar yang menetap dan konsisten.
  • Mengerjakan sesuatu secara urut dan bertahap.
  • Tidak suka apabila ada bagian yang terlewat pada suatu tugas.
  • Fokus apabila sedang mengerjakan satu tugas.
  • Tidak akan berpindah ke tugas yang lain apabila tugas sebelumnya belum usai dikerjakan.

Gaya belajar analitik juga termasuk gaya belajar terbaik untuk pelajar dan mahasiswa karena dengan gaya ini siswa dapat menganalisis atau menelaah sesuatu secara spesifik. Mereka akan menilai sesuatu berdasarkan fakta yang ada, dan selalu fokus sampai tugasnya benar-benar selesai. Metode yang cocok untuk gaya belajar analitik yaitu membuat jadwal harian dan konsisten melakukan tugas atau mengerjakan sesuatu sesuai jadwal tersebut.

Gaya Belajar Analitik

Gaya Belajar Global

Seseorang yang memiliki pemahaman segala sesuatu secara menyeluruh dan mampu mengartikan atau menhubungkan sesuatu yang tersirat atar objek atau kejadian lainnya merupakan orang yang memiliki gaya belajar global.

Ciri-ciri gaya belajar global:

  • Multitasking (dapat mengerjakan banyak hal pada waktu yang bersamaan).
  • Memiliki kecenderungan yang sensitif.
  • Apapun yang dia lihat mampu untuk dideskripsikan dengan kata-kata.
  • Memiiki kemampuan bekerjasama dengan baik.
  • Pekerja keras.
  • Mampu melihat permasalahan dengan baik dan menyeluruh.

Gaya Belajar Global

Setelah kamu menemukan gaya belajar yang kamu rasa paling cocok dengan karakteristik belajarmu, selanjutnya kamu bisa menentukan waktu belajar terbaik agar kegiatan menuntut ilmumu menjadi lebih optimal serta menyenangkan. Namun jika kamu masih bingung, silahkan berkunjung ke Kampung Inggris Paredise untuk mengikuti pembelajaran seru dan menyenangkan yang sesuai dengan modalitas belajar atau gaya belajar kamu.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang