NaZaNGp9NWp4MGNbNWJ8NWRaNncsynIkynwbzD1c

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Belajar Bagi Siswa Atau Mahasiswa?

Bagi kamu yang sudah fokus untuk belajar, lebih baik simak dahulu waktu yang te…

BLANTERLANDINGv101
3031940995320450232

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Belajar Bagi Siswa Atau Mahasiswa?

Kamis, 16 Desember 2021
Waktu yang tepat untuk belajar sering siswa atau mahasiswa tanyakan baik ke teman sebaya, sahabat atau saudara.

Arah sebenarnya pertanyaan tersebut adalah untuk mengetahui jam-jam efektif ketika ingin belajar. Apakah di malam hari, siang hari, atau bahkan pagi hari, seperti yang umumnya dilakukan oleh banyak orang.

Memang belum dapat dipastikan jam berapa kamu harus belajar sesuatu hal. Mengingat setiap orang mempunyai masa di mana otak itu aktif menyerap dan mengolah kembali segala informasi setiap hari.

Terlepas dari itu semua, mungkin jam-jam berikut bisa sebagai rekomendasi untuk kamu belajar segala sesuatu, termasuk belajar bahasa Inggris tentunya.

Waktu Yang Tepat Untuk Belajar

Masih beredar anggapan bahwa belajar itu sebaiknya pagi hari. Dengan alasan, otak lebih fresh dalam menerima segala informasi. Pada sisi lain, otak pun mampu memprosesnya dalam tujuan tertentu.

Padahal masih banyak waktu yang tepat untuk belajar, baik bagi mahasiswa, siswa dan lain sebagainya. Berbicara tentang keefektifan, jelas itu terasa sekali. Lebih lanjut, inilah pembahasannya untukmu.

1. Pagi

Hari Di pagi hari, kamu bisa belajar apa pun yang diinginkan. Kemungkinan besar, semua informasi yang didapat bakal terserap dengan baik.

Adapun jam terbaik untuk mempelajari sesuatu adalah pukul 9-11 siang. Alasannya adalah di waktu tersebut, otak dapat mengerjakan segalanya dengan cukup cepat. Menjadi puncak otak dalam memikirkan segala sesuatu.

Sementara itu, sekitar jam 7-9 pagi adalah waktu paling bagus untuk membangkitkan semangat dalam melakukan segala kegiatan. Kenapa? Soalnya aura pagi hari bisa meningkatkan rasa, apalagi kalau diawali dengan kegiatan yang tepat.

2. Siang Hari

Pada siang hari, otak semakin aktif dalam memproses seluruh informasi. Posisi paling atas yaitu di jam 11-2 siang. Di waktu tersebut, otak mengeluarkan hormon stres sehingga lebih fokus dalam melakukan kegiatan.

Oleh karenanya, kamu bisa mengerjakan tugas dari sekolah di jam tersebut. Kalau kamu ingin mengulang materi guru, silakan saja. Alasannya inilah waktu yang tepat untuk belajar dan mengulik hal-hal baru.

Kemudian, kamu harus sedikit beristirahat di jam 2-3 siang. Pasalnya di masa tersebut, otak menerima suplai oksigen rendah akibat tenaga yang banyak terkuras di jam sebelumnya. Tapi jangan terlalu banyak, karena menimbulkan efek otak bakal pusing.

Baru di jam 3-6 sore, kamu bisa mengulang kembali pelajaran. Usahakan pelajaran yang sifatnya mudah dan tidak menguras tenaga. Kamu juga bisa menonton atau bermain game di waktu tersebut.

3. Malam Hari

Setelah jam 6 sore, kamu bisa mengerjakan tugas pribadi. Alasannya otak masuk ke dalam fase pemeliharaan. Tentu saja, setiap tugas bersifat tidak sulit. Sehingga kamu tidak merasakan pusing nantinya.

Batas maksimal waktu yang tepat untuk belajar adalah pukul 9 malam. Pasalnya di jam tersebut, otak harus mulai bersantai. Otak mengeluarkan hormon melatonin yang membuat dirimu tenang. Efek paling utama adalah mengantuk hebat.

Kamu sebenarnya masih bisa belajar dan mengerjakan tugas di jam-jam ini. Risiko paling utama adalah kamu bakal susah berkonsentrasi walau sudah mencoba berbagai cara untuk menghadangnya.

Dengan kenyataan demikian, lebih baik tidak memaksakan dirimu. Beristirahatlah dan lanjutkan kegiatan selanjutnya di hari esok.

Faktor Pengaruh Waktu yang Tepat untuk Belajar

Waktu yang tepat untuk belajar di atas bisa jadi rekomendasi untukmu. Namun, jangan terlalu dijadikan patokan. Dengan alasan, banyak faktor yang mempengaruhi seseorang bisa fokus dalam mempelajari suatu hal dan lain sebagainya, seperti:

1. Situasi Lingkungan

Faktor utama yang mempengaruhi fokus atau tidaknya saat belajar adalah situasi lingkungan. Semakin tenang kondisinya, otak bakal lebih mampu mencerna pembelajaran. Itu didasari oleh alasan ini.

Ketika kondisi di suatu lingkungan itu tenang, fokus otak tidak terpecah. Pemikiran tidak berkeliaran kemana-mana. Oleh karenanya, segala tugas dapat dikerjakan secara singkat dan padat sesuai keinginan.

2. Pencahayaan

Kekurangan pencahayaan dapat mengganggu konsentrasi belajar. Pasalnya mata tidak bisa menerima informasi secara penuh. Dengan demikian, perbaiki dulu kondisi penerangan di ruangan tempat menimba ilmu.

Caranya bisa mengganti lampu ke barang yang baru. Kamu juga bisa berpindah ke tempat yang jauh lebih terang. Dengan demikian, kamu bakal lebih fokus dalam menerima informasi baru dari berbagai pihak.

3. Motivasi Diri

Meskipun kamu telah mengikuti waktu yang tepat untuk belajar di atas, bahkan mengubah desain tempat belajar agar lebih nyaman. Niscaya tidak bakal efektif kalau tidak didasari oleh motivasi diri yang kuat dari dirimu.

Maka dari itu, lebih baik tingkatkan semangat belajar dulu dari diri masing-masing. Ada banyak cara yang bisa ditempuh. Salah satunya dengan menghadiahi diri ketika tugas tersebut selesai kamu lakukan.

Kamu juga bisa menekan otak terus menerus buat mengerjakan tugas yang mesti diselesaikan. Dengan cara memberikan sedikit ancaman kalau tidak selesai. Tentu efek dari metode satu ini, kamu merasa stress luar biasa.

Jika tidak ingin demikian, silakan saja gunakan cara lain untuk membangkitkan motivasi belajar. Pilih salah satu yang paling efektif dan tidak memakan waktu banyak. Jangan lupa, sesuaikan dengan keinginan sendiri.

Terlepas dari itu semua, kalau motivasi diri sudah kuat. Kamu bisa mengikuti semua waktu yang tepat untuk belajar di atas. Dijamin lambat laun bakal memberikan hal baik bagi produktivitas dirimu. Tentu dalam mengerjakan semua tugas yang ada, termasuk dari dosen atau atasan ketika di pekerjaan.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang