NaZaNGp9NWp4MGNbNWJ8NWRaNncsynIkynwbzD1c

7 Kegiatan Edukatif untuk Mengisi Liburan Sekolah, Mana Favoritmu?

Jadikan liburanmu lebih seru dan bermanfaat dengan 7 kegiatan edukatif berikut,…

BLANTERLANDINGv101
3031940995320450232

7 Kegiatan Edukatif untuk Mengisi Liburan Sekolah, Mana Favoritmu?

Minggu, 02 April 2023
Liburan memang menyenangkan dan menjadi momen yang ditunggu-tunggu anak sekolah. Meskipun tidak ke mana-mana, tapi setidaknya bisa istirahat sejenak dari tugas-tugas sekolah. Dari berbagai usia anak sekolah, saat akan bertemu masa liburan pasti tetap menyenangkan. Meskipun liburan, bukan berarti tidak melakukan aktivitas bermanfaat. Kali ini kita akan membahas tentang kegiatan edukatif untuk mengisi liburan sekolah.
Liburan Edukatif

Rekomendasi Kegiatan Edukatif Untuk Liburan Sekolah
Belajar Menata Barang

1. Belajar Menata Barang Sendiri

Aktivitas menata barang sendiri di rumah memang tampaknya sepele. Bahkan jika sehari-hari hal itu sudah dikerjakan oleh orangtua atau asisten rumah tangga. Tapi, menata barang-barang juga bisa menjadi sesuatu yang melatih sikap terorganisir. Bukan hanya ketika di rumah, tapi nantinya ketika kembali ke sekolah pun akan menjadi anak yang lebih disiplin. Apa saja barang yang bisa ditata untuk berlatih disiplin dan bagaimana caranya? Orang tua bersama anak bisa bersama-sama menata barang yang ada di meja belajar, kulkas, lemari baju, rak piring, dan lain-lain. Beberapa benda akan lebih teratur jika diberi labeli khusus.

Bermain Sambil Berkebun

2. Bermain Sambil Berkebun

Selanjutnya adalah kegiatan edukatif untuk mengisi liburan sekolah, khususnya jika pekarangan rumah dekat dengan area hijau. Ketika orang tua belum bisa mengajak pergi ke luar, sebagai gantinya anak bisa diajak berkebun bersama. Mengenali dan merawat tanaman akan meningkatkan kepedulian anak-anak terhadap lingkungan sekitarnya. Tanaman yang dirawat bisa berupa tanaman hias atau tanaman sayuran.

Belajar Memasak

3. Belajar Memasak

Seringkali kegiatan edukatif untuk mengisi liburan sekolah tidak muncul sendiri dari anak, tapi harus ada ajakan dari orang tua. Contohnya adalah belajar memasak makanan bergizi. Dengan belajar memasak, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Seorang anak yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan banyak nutrisi. Ikut memasak bersama ibu akan memberi wawasan anak tentang jenis-jenis makanan bergizi. Dengan belajar memasak, anak-anak juga akan lebih terbiasa fokus dan teliti dengan pekerjaan yang dilakukannya. Awal-awal memasak, resep yang dicoba boleh saja sederhana, tapi lama- lama bisa dikreasikan dengan banyak variasi.

Kegiatan Amal

4. Ikut Kegiatan Amal

Ketika usia sudah mulai bertambah, tentu kebutuhan anak semakin meningkat. Rasa ingin tahunya pun ikut bertambah. Bukan hanya ingin mencari kesenangan, tapi anak-anak juga perlu mengerti soal empati. Mengikuti kegiatan amal juga bisa meningkatkan jiwa sosial pada saat sudah dewasa nantinya. Ketika melakukan amal, anak-anak juga mulai berlatih untuk mensyukuri kehidupan yang dijalaninya.

Kursus Online

5. Ikut Kursus Online

Ketika anak sekolah memiliki hobi, pastinya perlu disalurkan. Pada umunya di setiap sekolah ada kegiatan ekstrakurikuler yang mewadahi berbagai bakat anak. Tapi, ada saatnya kegiatan ekstrakurikuler saja tidak cukup, jadi merasa perlu belajar lebih banyak lagi. Mempelajari sesuatu yang terkait hobi pastinya berbeda rasanya dibanding kalau belajar di sekolah. Kursus online bisa menjadi salah satu rekomendasi kegiatan edukatif untuk mengisi liburan sekolah. Salah satu kursus online yang bisa dicoba adalah kursus online bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare-Dise.

Menabung

6. Menabung

Apakah menabung bisa menjadi kegiatan edukatif untuk mengisi liburan sekolah? Menabung memang bisa kapan saja, entah liburan atau bukan. Bahkan menabung akan lebih mungkin dilakukan ketika masuk sekolah karena sehari-harinya ada uang saku yang diperoleh. Tapi, ada keunikan tersendiri ketika menabung di saat liburan. Katakanlah misalnya aktivitas menabung dimulai pada liburan semester ini, kemudian dilanjutkan selama beberapa bulan ke depan. Pada liburan semester selanjutnya, tabungan itu dibuka dan mungkin saja hasilnya tidak akan terduga. Keberhasilan menabung juga bisa meningkatkan kepercayaan diri anak.

Jalan-Jalan Edukatif

7. Jalan-Jalan Yang Menambah Pengetahuan

Bagi sebagian orang, liburan memang identik dengan jalan-jalan. Walau tidak perlu jauh-jauh, tapi jalan-jalan akan selalu penting untuk memberi penyegaran. Jika sehari-harinya sudah terlalu lama menggunakan gadget, ada baiknya jalan-jalan dulu untuk mencari udara segar. Ketika momennya mendukung, orang tua bisa mengajak anak untuk pergi jalan-jalan ke tempat yang menambah wawasan. Tidak harus ke museum atau perpustakaan, tapi juga bisa jalan-jalan di dalam kota sambil menceritakan hal menarik di suatu tempat. 

Ada juga kegiatan liburan jalan-jalan yang edukatif, Paket Holiday Kampung Inggris adalah kegiatan edukatif yang diperuntukan bagi siswa-siswi sekolah yang sedang libur semester dan kenaikan kelas. Dengan mengikuti paket ini Anda akan memperoleh aktifitas seru dalam belajar bahasa Inggris bersama teman-teman dari seluruh penjuru Nusantara.

Mengapa Liburan Itu Penting?

Setelah melihat rekomendasi kegiatan edukatif untuk mengisi liburan sekolah, kira-kira apakah Anda sudah punya pilihan tempat berlibur? Aktivitas berlibur yang menyenangkan, seringkali masih dikesampingkan oleh banyak orang. Alasannya bisa beragam, mulai dari kesibukan orang tua sampai dengan kemauan anak sendiri. Ketika liburan sekolah dan kondisi di rumah sudah nyaman, kadang-kadang anak kecil hingga remaja memilih di rumah saja dan bersantai. Adanya akses internet tidak terbatas akan memanjakan dan membuat malas bergerak. Mengapa liburan itu penting dan perlu diagendakan?

Meningkatkan Kreativitas

Liburan bisa melatih daya pikir dan imajinasi anak, sehingga lebih kreatif setelah melihat hal-hal baru. Kreativitas anak seusia sekolah memang tidak langsung terbentuk seketika setelah pulang liburan. Tapi setidaknya dengan liburan, mood anak menjadi lebih bagus dan nantinya siap belajar lebih baik lagi di sekolah.

Menjaga Kesehatan Mental Anak

Pada beberapa tahun terakhir ini, semakin banyak orang yang menyadari akan pentingnya kesehatan mental. Momen liburan sekolah bisa menjadi kesempatan meningkatkan kedekatan antara orangtua dan anak. Ketika anak sudah bisa diajak diskusi, saat liburan bisa menjadi waktu yang tepat untuk ngobrol tentang banyak hal, termasuk evaluasi prestasi di sekolah. Tapi tentunya tidak dengan nada menghakimi, tapi orang tua menempatkan diri sebagai teman agar mental anak semakin kuat.

Sekian penjelasan tentang rekomendasi kegiatan edukatif untuk mengisi liburan sekolah, semoga memberi manfaat. Buat yang sedang mempersiapkan liburan, mudah-mudahan liburanmu menyenangkan.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang