NaZaNGp9NWp4MGNbNWJ8NWRaNncsynIkynwbzD1c

Cara Mengatasi Bosan Belajar

Temukan cara jitu mengatasi bosan belajar yang dijamin pasti berhasil!

BLANTERLANDINGv101
3031940995320450232

Cara Mengatasi Bosan Belajar

Rabu, 12 Januari 2022
Setelah virus Corona menyebar ke seluruh dunia hingga menjadi pandemi COVID-19 banyak sekali hal- hal yang berubah, mulai dari sistem ekonomi, cara bersosialisasi hingga mengenyam pendidikan. Semuanya dituntut untuk beradaptasi dengan situasi yang baru. Seperti yang kita tahu bahwa pendidikan menjadi salah satu sektor yang paling berdampak akibat terjadinya pandemi COVID-19 ini.

Dulunya kita akan pergi ke sekolah untuk mengikuti proses belajar mengajar tanpa adanya pembatasan. Namun hal itu berubah ketika sudah semakin banyak orang yang terjangkit virus Corona. Akhirnya pemerintah memutuskan untuk mengalihkan proses pembelajaran yang harusnya dilakukan di sekolah dapat dilakukan dirumah secara online atau yang disebut dengan pembelajaran daring. Kegiatan belajar mengajar secara daring ini dilakukan sebagai salah satu upaya memutus rantai penyebaran virus Corona tanpa menghentikan kegiatan belajar.

Kegiatan belajar online yang dilakukan di rumah bisa dilakukan dengan berbagai cara tergantung dengan kesehatan dan kebutuhan antara murid dan guru. Ada yang melakukan proses pembelajaran dengan cara memberikan tugas melalui aplikasi pesan, ada juga yang membagikan video-video pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi belajar online serta memanfaatkan aplikasi video call seperti zoom untuk menghadiri kelas online.

Rutinitas belajar yang itu-itu saja kerap kali membuat siswa merasa bosan dan lelah. Oleh sebab itu, sebaiknya terdapat beberapa hal yang dilakukan untuk membuat kegiatan belajar tetap lancar dengan cara mengatasi rasa bosan belajar tersebut. Pada dasarnya rasa bosan itu wajar, baik itu yang diakibatkan oleh situasi sekitar atau perasaan sendiri. Tetapi sudah seharusnya kita mengendalikan diri ketika melakukan belajar baik itu di sekolah ataupun di rumah agar materi pembelajaran terserap dengan baik Nah berikut ini beberapa cara mengatasi bosan belajar daring di ruma Disimah baik-baik ya!

Mengatasi Bosan Belajar

Cara Mengatasi Rasa Bosan Belajar Daring di Rumah

1. Temukan tempat belajar yang nyaman

Untuk mendapatkan suasana yang efektif ketika melakukan belajar bareng di rumah, cobalah temukan tempat yang nyaman agar bisa mengatasi rasa bosan selama proses pembelajaran daring. Teras atau balkon rumah mungkin bisa dimanfaatkan untuk dijadikan tempat belajar daring yang menyenangkan dan membawa aura positif karena terkena sinar matahari pagi dan semilirnya angin.

Atau jika kamu memilih belajar online di dalam kamar, apakah kamu dapat menghiasi atau mendekor kamar dan meja belajar agar lebih bersemangat ketika melaksanakan proses pembelajaran. Supaya kegiatan belajar dari semakin menyenangkan, kamu juga bisa ditemani dengan berbagai camilan favorit untuk meningkatkan mood belajar. Alangkah baiknya dengan menyiapkan cemilan sehat supaya mengerjakan tugas atau belajar mandiri secara dari menjadi tidak membosankan.

2. Pilih metode belajar yang sesuai

Saat ini ada banyak metode belajar yang bisa diterapkan. Kamu bisa melakukannya dengan membaca buku, melihat rekaman video, ataupun mendengarkan rekaman suara yang diberikan oleh guru. Adapun metode belajar yang dinilai paling efektif yaitu dengan melibatkan visual baik itu gambar, gerakan ataupun suara dan mencatat materinya kembali. Metode tersebut bisa membuat kamu lebih mudah memahami materi pembelajaran serta menghindari rasa bosan. Namun jika gaya belajar tersebut juga tidak dapat meningkatkan motivasi belajar, maka kamu perlu mencari gaya belajar terbaik yang sesuai dengan karakter kamu, dengan begitu kamu tidak akan lagi merasa bosan dan menjadi bersemangat dalam belajar.

3. Membuat kelompok belajar

Apabila kamu merasa bosan dan kurang termotivasi belajar daring sendiri di rumah, kamu dapat membuat kelompok belajar kecil bersama teman. Melalui berkomunikasi bersama kelompok belajar melalui daring bisa sangat saling membantu untuk membangkitkan mod menghilangkan rasa bosan ketika belajar. Dengan demikian kamu bisa menjaga kesehatan mental dengan bersosialisasi atau berinteraksi bersama teman-teman kamu.

4. Luangkan waktu untuk melakukan berbagai hal yang digemari

Supaya tidak bosan melakukan kegiatan yang sama setiap harinya seperti belajar daring di rumah, maka kamu harus melakukan hobi yang digemari. Setidaknya luangkanlah waktu untuk menghabiskan waktu bersama diri sendiri alias me time dengan melakukan hobi yang bisa membantu merelekskan diri, seperti nonton film, membaca novel, memasak dengan mencoba menu menu baru dan lain sebagainya. Atau kamu juga bisa melakukan kegiatan lain yang bisa dijadikan sebagai hobi baru.

5. Selalu berdoa dan ucapkan terima kasih kepada diri sendiri

Belajar Daring di rumah memang tidak semudah kelihatannya. Banyak tantangan baru yang harus dipahami agar bisa mengikuti pembelajaran dengan baik. Nah sebelum memulai belajar daring, upayakan untuk selalu berdoa serta mengucap syukur kepada Tuhan atas nikmat yang sudah diterima. Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih kepada diri sendiri karena sudah mampu melewati pandemi yang penuh rintangan ini. Tidak ada salahnya untuk memberikan reward yang setimpal kepada diri sendiri atas kekuatan hati, pikiran dan tenaga selama pandemi belum berakhir.

Mengatasi Bosan Belajar Online di Rumah

Di tahun yang baru ini, sepertinya belajar daring sudah mulai dikurangi. Diadakannya vaksin untuk di hampir semua usia membuka kesempatan para pelajar untuk mulai datang ke sekolah untuk belajar tatap muka. Bahkan dari tahun lalu, sudah ada beberapa sekolah yang memulai pembelajaran offline karena di daerahnya sudah mengalami penurunan penularan virus Corona.

Pastinya setelah lama melakukan belajar dari rumah saja, ada rasa antusias yang tinggi untuk menyambut suasana baru belajar di dalam kelas seperti bertemu dengan teman-teman dan kembali bisa berinteraksi dengan guru secara tatap muka. Belajar di kelas juga tak luput dari rasa bosan. Nah ada tips nih bagi kami yang sudah bisa merasakan belajar offline di sekolah ketika muncul rasa bosan. Ada apa saja ya?


Cara Mengatasi Rasa Bosan Belajar di Sekolah

1. Berpartisipasi aktif dalam kelas

Supaya di kelas tidak dirundung rasa bosan ketika belajar, maka kamu harus berpartisipasi aktif. Upayakan untuk selalu mengambil peran dalam kelas seperti mengajukan pertanyaan, memberikan sanggahan atau sudut pandang yang kamu dapatkan bila itu bertentangan dengan apa yang diterangkan oleh guru. Utarakan secara baik-baik ya opini yang kamu punya. Suasana kelas akan semakin menyenangkan jika ada teman juga yang menyanggahnya balik. Perbuatan tersebut akan membuat proses pembelajaran semakin hidup dan waktu tidak akan terasa jika sudah bergulir dengan cepat.

2. Berusaha untuk fokus

Terlepas dari pengajar atau materi yang kurang menarik menurutmu, kamu harus berusaha untuk tetap fokus. Simak baik-baik apa yang diterangkan oleh guru dan buka buku catatanmu kemudian tuliskan apapun yang mereka sampaikan dan kamu pahami. Yang bisa menambahkan gambar-gambar lucu untuk mengilustrasikan catatan mengenai materi yang kamu pahami tersebut. Visual yang menggambarkan materi yang kamu catat bisa membuat buku catatan semakin menarik dan tidak bosan untuk diulas kembali.

3. Stretching

Ketika rasa bosan melanda ketika jam pembelajaran berlangsung, kamu bisa melakukan stretching tipis- tipis dengan meluruskan 1 kaki di bawah meja setelah itu satu-satunya lagi kemudian ambil apa secara perlahan dan teratur. Setelah itu tahu kan kedua tangan ke arah depan untuk meregangkan area perdagangan dan lengan. Lalu Teleng kan sedikit leher ke kiri da ke kanan sebanyak 5 hingga 10 hitungan apa. Buat pergerakan tersebut sekecil mungkin agar tidak mengganggu yang lain dalam proses belajar.

Mengatasi Bosan Belajar di Sekolah

Demikianlah beberapa cara mengatasi bosan belajar daring di rumah dan di sekolah. Semoga hari-hari belajarmu jadi makin menyenangkan!

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang