NaZaNGp9NWp4MGNbNWJ8NWRaNncsynIkynwbzD1c

Cara Sederhana Belajar Bahasa Inggris

Ada 3 langkah mudah untuk belajar bahasa, baik itu bahasa Indonesia maupun baha…

BLANTERLANDINGv101
3031940995320450232

Cara Sederhana Belajar Bahasa Inggris

Selasa, 21 Mei 2019
Bahasa menunjukkan bangsa, barangkali kita tidak akan pernah lupa dengan peribahasa ini. Baik buruk, sifat dan tabiat orang dapat dilihat dari tutur kata atau bahasanya, demikian arti peripahasa yang sangat populer ketika kita mempelajari peribahasa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia saat di bangku sekolah dulu. Begitu pentingnya nilai yang terkandung dari cara kita bertutur kata sehingga untuk berkomunikasi dengan orang lain kita tidak hanya asal bicara atau seenaknya menggunakan sebuah bahasa.

Kali ini saya ingin berbagi bagaimana mempelajari sebuah bahasa yang kita gunakan untuk membangun hubungan yang baik dengan orang lain agar komunikasi yang kita lakukan mudah dipahami orang lain dengan tetap menjaga nilai-nilai yang selama ini kita pegang sebagai pribadi bahkan anak bangsa yang setia menjaga budaya.
Mr. Adi (Marwiadi) sedang mengajar di kelas Master Teaching
Mr. Adi (Marwiadi) sedang mengajar di kelas Master Teaching

Ada 3 langkah cara sederhana belajar bahasa

Pertama : Dengarkan

Pendengaran adalah salah satu modalitas belajar manusia dimana kita menggunakan salah satu panca indera untuk memasukkan informasi kedalam otak atau pikiran kita. Dengan mendengarkan secara intens atau fokus terhadap kata perkata yang kemudian disusun menjadi kalimat atau pernyataan, kita tidak hanya akan memahami maksud pembicaraan tersebut namun otak kita akan merekam memori itu untuk kemudian bisa kita tirukan ucapan itu dengan meningatnya kembali. Mendengarkan memiliki peranan yang luas bukan saja kita sekedar mendengar kata-kata melainkan akan mengerti bagaimana susunannya dalam kalimat. Mendengarkan berarti kita juga akan mempelajari sebuah cara atau teori.

Kedua : Katakan

Pada semua aspek atau bidang ilmu pengetahuan, coba-coba tentu berisiko membuat sebuah kesalahan. Namun teori tanpa dipraktikan adalah kesia-siaan, tidak ada guna dan manfaatnya. Dari pernyataan tadi kita bisa berkesimpulan bahwa “Praktik adalah cara paling efektif memahami sebuah teori”. Maka ketika tahapan belajar bahasa setelah kita mendengar atau berteori, langkah berikutnya adalah praktikan dengan mencoba untuk “mengatakan”. Dengan mengatakan kita akan belajar bagaimana memberikan tekanan intonasi, pelafalan yang benar pada kata-kata atau kalimatserta bisa menunjukkan getstur atau gerak tubuh yang mendukung sehingga apa yang kita komunikasikan bisa dimengerti oleh teman bicara kita.

Ketiga : Tuliskan

Menulis adalah gerakan tangan yang mengaktifkan beberapa indera manusia yang lain. Dengan menulis secara otomatis berarti kita juga membaca ulang sekaligus mengingat kembali apa-apa yang sudah tersimpan didalam memori otak kita. Dengan demikian terjadi proses repetisi atau pengulangan-pengulangan yang terjadi pada proses belajar sehingga akan mempercepat hasil pembelajaran yang kita lakukan. Bahkan dengan menulis kita bukan sekedar menambahkan luasnya ilmu pengetahuan,namun jugaakan meningkatkan tingginya kualitas ilmu yang kita kuasai.
Cara Belajar Bahasa Inggris
Cara Belajar Bahasa Inggris

Lalu, bagaimana dengan belajar bahasa Inggris?

Tidak jauh berbeda dengan cara mempelajari bahasa Indonesia sebagai bahasa kebangsaan dan kebanggaan kita, dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya juga berlaku cara belajar sederhana seperti itu. Listening, Speaking and Writing tentu sebuah tahapan yang wajib kita ikuti untuk bisa menguasainya. Hanya saja akan lebih efektif hasilnya jika kita lakukan dalam sebuah komunitas yang bisa saling mendukung antara pembelajar yang satu dengan pembelajar lainnya.

Study Club, tentu akan membentuk sebuah komunitas belajar yang efektif karena diantara member bisa saling mendukung, mengoreksi sekaligus saling menyemangati. Lebih lagi jika dilakukan pada sebuah Camp Areadalam durasi waktu tertentu yang lingkungan dan suasananya didesain untuk mendukung program belajar bahasa Inggris secara khusus.

Pertanyaanya, dimana kita bisa menemukan tempat belajar bahasa Inggris yang ideal seperti itu? Dan jawabnya adalah, “berkunjunglah ke Kampung Inggris Pare, singgahlah disebuah lembaga yang bernama “Pare-Dise” dan Anda akan mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat disana, as specialy “Engglish Language”.

NB: Tulisan cara sederhana belajar bahasa Inggris ini adalah karya bapak Marwiadi atau akrab disapa Mr. Adi, tulisan-tulisan lainnya dari beliau bisa dibaca disini:

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang